Perlu Ada Manajemen Pemeliharaan Jalan Agar Tidak Rusak Parah. - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 07 Maret 2018

Perlu Ada Manajemen Pemeliharaan Jalan Agar Tidak Rusak Parah.


Perlu Ada Manajemen Pemeliharaan Jalan Agar Tidak Rusak Parah.

LAMBAR-Rusaknya infrastruktur jalan dikabupaten lampung barat (Lambar),, harus disikapi secara serius dan perlu ada manajemen pemeliharaan. Sehingga, jalan propinsi  tidak mudah cepat rusak meski belum setahun dibangun.
Masyarakat kabupaten lampung barat Amril SH.,mengatakan,banyak faktor yang menyebabkan kerusakan jalan di provinsi ini. Misalnya soal beban muatan kendaraan, kualitas pengerjaan jalan dan kondisi tanah tidak stabil.
Menurutnya, ketika jalan dibangun dengan kualitas bagus dan baik, tetapi ketika kendaraan yang melintas melebihi muatan.

Maka jalan menjadi cepat rusak. Di samping itu, ada juga pengerjaan jalan di kabupaten lambar yang masih belum sepenuhnya sesuai standar. Karena, di beberapa ruas ditemukan bahu jalan lebih tinggi dari jalan. Sehingga, ketika turun hujan, air tidak turun ke tanah melainkan menggenang di jalan dan melemahkan konstruksi jalan itu.seperti jalan Hamkatir,kecamatan sukau,jalan Hanakau lanjutan belum dilanjutkan cuman beberapa meter,dan jalan yang dikecamatan sukau.selanjutnya yang dipertanyakan masyarakat untuk perawatan kiri kanan jalan seperti alang-alang yang hampir mau menyelimuti jalan apa lagi jalan Hamkatir banyak tikungan tajam .ini yang harus pemkab lambar dan propinsi menjadi pekerjaan rumah.

Sekedar diketahui untuk pembersihan kiri kanan jalan (Rumput),yang ada dijalan Hamkatir kecamatan sukau tidak ada pemiliharaan semenjak lima tahun ini.kadang kala masyarakat kecamatan sukau dikerahkan oleh Peratin pekon untuk bergotoroyong untuk menebas rumput=rumput dikiri kanan jalan .apalagi jalan yang dimaksut banyak tikungan tajam artinya jalan tidak ada pemiliharan dari pemerintah.

Oleh karena itu, jelas Amril ,diperlukan adanya manajemen pemeliharaan jalan, agar jalan tidak mudah rusak walau belum genap setahun dibangun.“ Jadi, bagaimana cara manajemen pemeliharaan jalan itu berjalan sesuai harapan. Sehingga, jalan yang belumm rusak tidak menjadi rusak parah. Sebelum rusak, harus ada pemantauan secara berkala,” kata Amril.(Ir/EditorLambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad