Pengukuhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Daerah Kabupaten Pesibar. - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 07 Maret 2018

Pengukuhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Daerah Kabupaten Pesibar.


Pengukuhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Daerah Kabupaten Pesibar.

PESIBAR- Pemerintah kabupaten pesisir barat saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas dikukuhkannya saudara saudari sebagai pekerja sosial masyarakat (psm) kabupaten pesisir barat, semoga dengan dilaksanakan pengukuhan ini akan lahir semangat baru yang dapat mengemban amanah dengan baik serta mampu menyelesaikan berbagai persoalan sosial masyarakat dan sebagai bentuk perpanjangan tangan pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan penurunan angka kemiskinan masyarakat di kabupaten pesisir barat .

Dengan adanya penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan masyarakat. sebagai salah satu bentuk kontribusi yang baik dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat. (7/3),yang bertempat di gedung Serba Guna (GSG) Selalaw .Hadir dalam acara tersebut, wakil bupati pesisir barat,ketua dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat,unsur forkopimda kabupaten pesisir barat dan kabupaten lampung  barat,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pelaksana  dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,dan selaku pekerja sosial masyarakat (PSM).

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H.mengatakan, sebagaimana yang telah diatur undang-undang nomor 11 tahun 2009, pada pasal 38 disebutkan bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. peranan masyarakat dapat dilakukan oleh kelompok maupun perseorangan yang di antaranya adalah pekerja sosial masyarakat (psm), disamping pilar sosial lainnya seperti tksk, karang taruna, tagana, lembaga kesejahteraan sosial. sedangkan pada peraturan menteri sosial republik indonesia nomor 01 tahun 2012 pasal 5 disebutkan bahwa tugas-tugas pekerja sosial masyarakat adalah membantu penanganan masalah sosial serta mendorong, menggerakkan, dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraaan sosial.dalam pasal tersebut pekerja sosial masyarakat (PSM) juga dilibatkan sebagai pendamping sosial bagi warga masyarakat penerima manfaat sekaligus mitra pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 
Masih kata bupati, jelaskan bahwa, di kabupaten pesisir barat terdapat 26 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), di antaranya,kemiskinan, anak terlantar, lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, dan seterusnya. untuk itu,Bupati berharap kepada pekerja sosial masyarakat (PSM) untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab dalam penanganan masalah sosial serta konsisten dalam melakukan pendataan masyarakat miskin.selanjutnya, Bupati berpesan  pada pekerja sosial masyarakat (PSM), disamping pilar sosial lainnya seperti tksk, karang taruna, tagana, lembaga kesejahteraan sosial agar senantiasa berperan aktif dalam penanggulangan kemiskinan di kabupaten pesisir barat tutupnya.(Ir/EditorLambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad